Selasa, 16 Februari 2016

Apa itu Blogwalking, Jalan-jalan atau apa?


Saya adalah seorang penulis amatir yang masih belajar menulis. Dalam dunia blogger juga terbilang masih junior, meski saya sudah pernah membuat blog yang menampung tulisan-tulisan saya pada tahun 2012 yang lalu, tahun di mana saya baru belajar menulis untuk kali pertama. Pasang-surut semangat menulis saya terus mewarnai perjalanan hidup saya dalam menggeluti hobi nyentrik yang satu ini (nulis). Kini saya telah membuat sebuah blog lagi yang baru. Belum banyak tulisannya, tapi berusaha semaksimal mungkin apa yang saya tulis dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya. Karena saya yakin bahwa akan selalu ada kebaikan dalam tulisan tulus yang diniati ingin berbagi, jauh dari plagiasi dan yang paling penting bukan tulisan hoax.

Browsing sudah menjadi kegiatan utama bagi saya sekarang. Diawali dengan apa yang ingin saya baca dengan mencarinya di mesin pencari yang sangat fenomenal, si Mr. Google, artikel apapun yang terkait bisa saya dapatkan di Google. Kebetulan saya mampir pada sebuah blog yang membahas tentang menulis di blog, dengan judul “Perlukah menulis tiap hari di blog”. Kemudian dari bahasan artikel tersebut saya mendapati sebuah istilah Blogwalking.

Penasaran dengan artinya, saya pun akhirnya kembali googling. Cling...sekejap hasil googling, muncullah banyak artikel dari berbagai situs atau blog hanya dalam hitungan persekian detik. Saya klik situs pada urutan yang paling atas, karena kelihatannya menarik untuk dibaca dan yang pasti karena malas untuk nye-croll ke bawah.

Kurang lebih seperti ini istilah Blogwalking yang dapat saya simpulkan. Blogwalking berasal dari istilah bahasa inggris. Blog artinya sebuah halaman website atau sebuah blog, sedangkan walking berarti jalan-jalan. Jadi istilah blogwalking berarti kita jalan-jalan dari blog ke blog untuk membaca konten di dalamnya dan tidak lupa untuk meninggalkan jejak berupa respon pada kolom komentar yang telah disediakan. Terutama bagi sesama blogger (pemilik blog), blogwalking adalah satu kegiatan penting untuk menjalin pertemanan dan menciptakan tali silaturahmi sesama blogger.
Ketika seorang blogger tidak sempat menulis atau belum ada mood untuk nulis, blogwalking bisa menjadi alternatif. Membaca blog orang lain, selain dapat menambah wawasan dan pengetahuan blogger itu sendiri juga bisa memantik ide tulisan. Di sisi lain, bisa meningkat rating blog yang dibaca atau blog kita sendiri kala kita meninggalkan jejak alamat blog kita pada saat komentar.
Jadi, blogwalking adalah kegiatan yang tidak bisa lepas bagi seorang blogger. Sobat blogger bisa menolong blogger lain, sobat sendiri pun diungtungkan. Hal ini mengingatkan saya pada suatu ilmu biologi yang pernah saya pelajari pada zaman dahulu, bukan zaman penjajahan Sob, belum lahir kale sayanya, tapi zaman SMA, yaitu ilmu Simbiosis Mutualisme. Yaitu ilmu yang mengajarkan saling menguntungkan satu sama lain.

Sudah sob itu saja tentang Blogwalking. Sedikit saya tambahin curhat tentang diri saya, gapapa kan? Jangan illfeel ya, hehe. Semoga bermanfaat.

Sumber Gambar

0 komentar:

Posting Komentar